Kesehatan

Senyum Sehat

Sering tersenyum bisa bikin keriput ?

Admin | Rabu, 11 Maret 2015 - 14:14:13 WIB | dibaca: 105 pembaca

Merdeka.com - Tidak ada salahnya menjadi orang yang suka untuk tersenyum atau bahkan tertawa. Sebab senyum dan tawa bisa membuat diri Anda dan suasana hati menjadi terasa lebih baik. Orang yang suka tersenyum dan tertawa juga terlihat lebih bahagia serta awet muda.

Namun bagaimana jika ternyata senyum bisa menimbulkan kerutan di wajah? Akankah Anda masih suka tersenyum?

Seperti dilansir dari healthmeup.com, setiap gerakan di wajah entah itu tertawa, cemberut, berbicara, dan tersenyum bisa menimbulkan munculnya garis atau alur di wajah. Hal ini dikarenakan otot-otot wajah Anda bergerak setiap kali terjadi pergerakan di wajah. Sebagai contohnya adalah munculnya garis horisontal di dahi setiap kali otot dahi Anda bergerak ke atas dan ke bawah. Sedangkan saat tersenyum, terbentuk lipatan nasolabial di sisi hidung dan mulut. Untungnya, lipatan ini tidak bisa menjadi keriput baik keriput yang terlihat nyata maupun keriput halus.

Masih dari penelitian ini, keriput disebabkan oleh beberapa faktor baik eksternal maupun internal. Faktor eksternal adalah genetik seperti produksi melanin dan minyak yang berada di luar kendali. Sementara faktor eksternal adalah paparan sinar matahari secara berlebihan. Sebab paparan sinar matahari akan merusak jaringan ikat di bawah kulit dan merampas kelembaban kulit sehingga menjadikan kulit Anda mudah keriput.

Jadi, jangan khawatir sebab senyum dan tawa nyatanya tidak bisa membuat kulit Anda menjadi keriput!









0