Puan Maharani, Ketua DPR Perempuan Pertama Indonesia

By Lukman Hakim 02 Okt 2019, 12:41:59 WIB umum
Puan Maharani, Ketua DPR Perempuan Pertama Indonesia

kompas.com-Puan Maharani, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dilantik menjadi Ketua DPR yang baru untuk masa bakti 2019-2024 pada Selasa (1/10/2019) malam. Diketahui, Puan maju di Daerah Pemilihan (Dapil V) Jawa Tengah dengan memperoleh 404.034 suara. Sebelum menjabat sebagai Ketua DPR yang baru, Puan pernah menduduki kursi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) pada era Presiden Joko Widodo. Diberitakan sebelumnya, anak dari mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini mengatakan akan mencetak sejarah karena menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR. "Yang pasti nantinya ini akan pecah telur baru ada perempuan pertama setelah 74 tahun ketua DPR," kata Puan seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/10/2019).

Selain itu, Puan akan berusaha merubah citra DPR dengan strategi yang ia miliki setelah dirinya selesai dilantik menjadi Ketua DPR RI. "Ya tentu insyaallah nanti saya baru bisa menyampaikan hal tersebut (strategi) kalau sudah dilantik sebagai ketua DPR. Namun terkait hal-hal tersebut pun saya harus rembukan dulu dengan pimpinan yang baru secara internal," kata Puan. Ia berharap, selama perjalanan politiknya dapat memberi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia bahwa politik bukanlah hal yang tabu.

Tak hanya itu, Puan juga mengungkapkan bahwa politik mempunyai dinamika yang berkembang serta dinamis. "Politik itu dinamikanya berkembang, dinamikanya sangat dinamis namun ternyata bisa juga menghasilkan perempuan perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia," ujarnya. Nantinya, Puan akan didampingi oleh empat Wakil Ketua DPR yakni Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Partai Nasdem dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook